Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas https://sibc.upnjatim.ac.id/index.php/sibc <p>Mulai Volume 15 Nomor 2, Agustus 2022, Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas akan dipublikasikan pada laman situs versi OJS 3 dalam rangka peningkatan pengelolaan jurnal. Publikasi artikel pada volume jurnal sebelumnya dapat diakses pada laman situs Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas yang lama. <br />Berikut perubahan alamat website jurnal:<br />Alamat website baru : <a href="http://sibc.upnjatim.ac.id/">http://sibc.upnjatim.ac.id/</a><br />Alamat website lama : <a href="http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/sibc">http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/sibc</a><br />Atas perhatiannya diucapkan terimakasih</p> <p>Hormat kami,<br />Pimpinan Redaksi Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas</p> en-US sibc@upnjatim.ac.id (Abdul Rezha Efrat Najaf, S.Kom., M.Kom) reisa.permatasari.sifo@upnjatim.ac.id (Reisa Permatasari, S.T., M.Kom.) Thu, 29 Feb 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengukuran Kepuasan Pengguna untuk Aplikasi SIBISA di TK ABA 1, Buduran, Sidoarjo dengan metode The EUCS https://sibc.upnjatim.ac.id/index.php/sibc/article/view/233 <p>Aplikasi Sistem Informasi Billing Siswa (SIBISA) yang digunakan oleh orang tua di TK ABA1, Buduran. Aplikasi SIBISA dikembangkan oleh dosen-dosen jurusan Teknik Informatika pada tahun 2022. Aplikasi ini digunakan sekolah untuk mencatat catatan terkait keuangan sekolah, terutama terkait SPP atau keuangan insidental lainnya.&nbsp;</p> <p>Metode untuk mengukur kepuasan dari pengguna atau End User Computing Satisfaction (EUCS) merupakan satu danri sekian metode untuk mengukur kepuasan pengguna terhadap aplikasi/sistem informasi. Metode ini membantu mengukur kepuasan pengguna terhadap aplikasi yang digunakan. Metodologi EUCS mencakup beberapa faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna, seperti kinerja aplikasi, kemudahan penggunaan, keandalan, dll.&nbsp;</p> <p>Aplikasi ini sudah terhubung dengan WhatsApp, sehingga memudahkan interaksi antara orang tua dan pihak sekolah. Penggunaan aplikasi ini sudah berlangsung hampir 1 tahun, sehingga untuk melihat seberapa besar kepuasan pengguna aplikasi SIBISA, grup kami mengukur kepuasan pengguna dengan metode EUCS.</p> <p>&nbsp;Berdasarkan hasil pengujian, tingkat kepuasan pengguna menggunakan layanan aplikasi SIBISA secara keseluruhan berada pada tingkat Cukup PUAS, yang berarti pengguna cukup puas dalam menggunakan layanan Aplikasi SIBISA.</p> Dwi Fatrianto Suyatno, ArdhiniWarihUtami, Rahadian Bisma Copyright (c) 2024 Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas https://sibc.upnjatim.ac.id/index.php/sibc/article/view/233 Fri, 01 Mar 2024 00:00:00 +0000 Perancangan Ulang UI/UX Pada Website Guruinovatif.id by Hafecs Menggunakan Metode Design Thinking https://sibc.upnjatim.ac.id/index.php/sibc/article/view/25 <p>Salah satu perkembangan teknologi dalam memanfaatkan sarana digital dan internet adalah <em>UI (User Interface)</em> dan <em>UX (User Experience).</em>Guruinovatif.id <em>by</em> hafecs adalah <em>platfrom</em> <em>online</em> <em>learning</em> bersertifikat untuk guru diseluruh indonesia dalam membangun keterampilan mengajar dengan kursus dan webinar berbasis <em>website.</em> Tujuan dari penelitian ini adalah merancang ulang <em>website</em> guruinovatif.id <em>by</em> hafces sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh <em>user</em> serta memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi yang ada pada <em>website</em> guruinovatif.id <em>by</em> hafecs. Metode yang digunakan dalam perancangan ulang <em>website</em> guruinoavtif.id adalah <em>design thinking</em>. <em>Design Thinking</em> adalah salah satu cara&nbsp; atau proses perancangan desain untuk mewujudkan keinginan <em>user</em> dalam menggunakan ide dan solusi untuk memenuhi kebutuhan <em>user</em><em>. </em>Pengujian atau <em>testing prototype</em> dari hasil rancangan menggunakan metode <em>usability testing</em> untuk menilai apakah&nbsp; desain yang dihasilkan dapat dipahami &nbsp;oleh user dan penyelesaian masalah pada tahap <em>paint point </em>menggunakan<em> tools maze design.</em> Berdasarkan hasil <em>testing</em> atau pengujian untuk mengukur <em>usability</em> <em>testing</em> kepada 10 responden, yang dimana telah diberikan 7 tugas untuk diselesaikan dan mendapatkan tingkat keberhasilan dalam menyelesaikan skenario dengan hasil <em>usability</em> <em>score</em> sebesar 84% dan dapat diartikan bahwa desain yang telah dibuat dapat diterima dengan baik oleh <em>user</em> serta dapat berguna secara efektif dan efisien bagi para pengguna.</p> Riky Aprilianto, Hario Jati Setyadi, Putut Pamilih Widagdo Copyright (c) 2024 Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas https://sibc.upnjatim.ac.id/index.php/sibc/article/view/25 Fri, 01 Mar 2024 00:00:00 +0000 RANCANGAN ALAT PELACAK KELEMBAPAN PERKEBUNAN DAN PENGUKUR TINGGI AIR SAWAH BERBASIS SENSOR https://sibc.upnjatim.ac.id/index.php/sibc/article/view/232 <p><span style="font-weight: 400;">Di era sekarang, manusia harus beradaptasi dengan pesatnya kemajuan teknologi termasuk di bidang pertanian. Para petani juga nantinya dapat menggunakan teknologi untuk memudahkan aktivitas mereka khususnya dengan konsep Internet of Things (IoT). Model yang diusung IoT yakni dengan menghubungkan antara hardware dengan smartphone melalui akses internet. Penelitian ini berfokus pada pembuatan simulator pendeteksi ketinggian air dan kelembapan tanah menggunakan wokwi dan blynk. </span><span style="font-weight: 400;">Alat ini akan memberikan informasi sebagai acuan untuk mengatur frekuensi irigasi dan memberikan kelembapan terbaik untuk tanaman.</span><span style="font-weight: 400;"> Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini antara lain studi literatur, merancang simulator sensor, uji coba, dan interpretasi hasil. Komponen yang digunakan dalam wokwi meliputi mikrokontroler ESP32, sensor jarak HC-SR04 dan kelembapan DHT, lampu LED, layar LCD, </span><em><span style="font-weight: 400;">relay module</span></em><span style="font-weight: 400;">, A4988 </span><em><span style="font-weight: 400;">motor driver</span></em><span style="font-weight: 400;"> dan </span><em><span style="font-weight: 400;">stepper motor</span></em><span style="font-weight: 400;">. Rangkaian yang dibuat akan menampilkan beberapa output dengan media layar LCD, motor penggerak pompa air, lampu LED, dan data yang dikirim secara </span><em><span style="font-weight: 400;">wireless </span></em><span style="font-weight: 400;">kepada klien. Perangkat pendeteksi kelembapan tanah dan ketinggian air ini bisa dikatakan berhasil diuji coba. Namun, masih diperlukan praktek nyata untuk mengetahui apakah simulator dapat diimplementasikan dengan baik.</span></p> Nabila Sofie Octavianti, Wisnu Aryo Sulistiono, Miftakhul Rizky, Prisa Marga Kusumantara Copyright (c) 2024 Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas https://sibc.upnjatim.ac.id/index.php/sibc/article/view/232 Fri, 01 Mar 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE DESIGN PADA APLIKASI PARIWISATA ROAMRIGHT INDONESIA https://sibc.upnjatim.ac.id/index.php/sibc/article/view/231 <p>Roamright Indonesia merupakan aplikasi yang bergerak di bidang pariwisata. Aplikasi ini memiliki fitur utama seperti pemesanan tiket wisata, budaya, penginapan dan memberikan informasi terkait kuliner dan oleh oleh. Selain itu, aplikasi ini memiliki sosial media didalamnya yang bertujuan agar pengguna tidak perlu menggunakan platform lain untuk mendapatkan rekomendasi wisata, event budaya, tempat staycation, dan lainnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pengguna diperlukan desain antarmuka yang memudahkan pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>design thinking</em> yang berpusat pada kebutuhan pengguna <em>(user centered design) </em>dan penyelesaian masalah. Tahapan pada design thinking yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan testing [1].&nbsp; Hasil penelitian ini berupa <em>prototype</em> yang kemudian akan di evaluasi <em>(testing)</em> untuk melihat tingkat kemudahan antarmuka bagi pengguna sebelum UI design didelegasikan pada developer. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, rancangan aplikasi Roamright Indonesia berhasil dijalankan sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan pengguna.</p> Diajeng Salsabila Kautsar, Sofie Yunida Putri Copyright (c) 2024 Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas https://sibc.upnjatim.ac.id/index.php/sibc/article/view/231 Fri, 01 Mar 2024 00:00:00 +0000 SISTEM INFORMASI UNTUK MANAJEMEN USAHA PADA INDUSTRI KERUPUK PULI DI DESA SAMBIDOPLANG https://sibc.upnjatim.ac.id/index.php/sibc/article/view/234 <p>Mengkonsumsi kerupuk sebagai makanan ringan dan pendamping ketika makan adalah hal yang umum bagi masyarakat Indonesia. Berbagai macam jenis kerupuk ada di negara ini. Tingginya peminat dan juga permintaan pada aneka produk kerupuk sehingga industri kerupuk menjadi bagian dari Usaha, Mikro, Kecil, Menengah (UMKM). Salah satu jenis kerupuk yang ada di Indonesia adalah kerupuk puli terigu dan kerupuk kedelai yang ada di Kabupaten Tulungagung. Pada industri kerupuk ini, menggunakan cara manual dengan buku khusus dalam pencatatan keluar masuknya barang, ketersediaan stock bahan baku dan absensi karyawan. Resiko dokumentasi secara manual adalah hilangnya buku dan rusaknya buku. Membuat Sistem Informasi Manajemen untuk industri ini diharapkan sebagai solusi atas permasalahan yang ada. Platform yang dipilih berbasis website untuk fleksibiltas penggunan. Pendokumentasian semua kegiatan yang ada pada industri diharapkan menjadi lebih terstruktur, rapi, efisien dan efektif dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen ini. Hasil akhir pengujian sistem menggunakan skala Likert sebesar 95.2% untuk karyawan dan 96% untuk pemilik usaha dimana hal tersebut berada pada kategori Sangat Baik.</p> Qonitatul Hasanah, Puji Hastuti, Ulfa Emi Rahmawati, Raditya Arief Pratama, Wahyu Kurnia Dewanto Copyright (c) 2024 Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas https://sibc.upnjatim.ac.id/index.php/sibc/article/view/234 Fri, 01 Mar 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS MANAJEMEN LAYANAN DOMAIN SERVICE OPERATION ITIL V3: PADA PERUSAHAAN SOFTWARE HOUSE https://sibc.upnjatim.ac.id/index.php/sibc/article/view/235 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dan manajemen layanan dalam domain Service Operation sesuai dengan kerangka kerja ITIL V3 di lingkungan perusahaan Software House. ITIL V3 adalah suatu rangkaian praktik manajemen layanan IT yang telah terbukti memberikan panduan terbaik untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi layanan IT. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus di sebuah perusahaan Software House yang telah menerapkan ITIL V3, dengan fokus pada domain Service Operation. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan personel terkait, observasi langsung, dan analisis dokumen terkait implementasi layanan IT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ITIL V3 dalam manajemen layanan di perusahaan Software House telah memberikan kontribusi positif terhadap efektivitas dan efisiensi operasional. Proses-proses seperti Incident Management, Problem Management, dan Request Fulfillment telah diintegrasikan dengan baik dalam lingkup layanan IT. Selain itu, pemantauan kinerja layanan dan pengukuran tingkat layanan (SLA) juga telah diimplementasikan untuk memastikan pemenuhan kebutuhan pelanggan. Meskipun demikian, tantangan dalam mengelola layanan IT di lingkungan perusahaan Software House tetap ada, seperti ketidakpastian permintaan pelanggan yang sering berubah dan kompleksitas aplikasi yang tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini juga memberikan rekomendasi untuk meningkatkan manajemen layanan dengan mempertimbangkan fleksibilitas yang lebih besar dalam mengatasi perubahan kebutuhan pelanggan dan pengembangan kapabilitas dalam manajemen kompleksitas aplikasi.</p> Muhammad Ilham Alhari Alhari Copyright (c) 2024 Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas https://sibc.upnjatim.ac.id/index.php/sibc/article/view/235 Fri, 01 Mar 2024 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI ALGORITMA SMART UNTUK BEASISWA KIP-K DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS: UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG) https://sibc.upnjatim.ac.id/index.php/sibc/article/view/271 <p>KIP-K diperuntukan untuk calon mahasiswa yang akan memasuki jenjang S1. Pada perhitungan skor KIP-K tersebut harus dapat selektif dalam pendaftaran KIP-K. Untuk membantu pihak terkait maka dibutuhkannya sebuah sistem pendukung keputusan dalam merekomendasikan calon – calon penerima beasiswa KIP-K khususnya di Perguruan Tinggi, sistem ini dibangun menggunakan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique). SMART merupakan suatu teknik pendukung keputusan yang menggunakan banyak kriteria dalam hal ini kriteria KIP-K, SMART dapat memberikan bobot kriteria dengan instan dan dinamis. Hasil yang dapat dipresentasikan untuk pengujian ini memiliki hasil 80% lebih selektif. Hasil tersebut dapat dijadikan acuan untuk rekomendasi calon penerima beasiswa KIP-K</p> Yogi Saputra, Dede Jaelani, Ela Siti Nurpajriah Copyright (c) 2024 Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas https://sibc.upnjatim.ac.id/index.php/sibc/article/view/271 Thu, 29 Feb 2024 00:00:00 +0000