ANALISIS MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN ITIL V3 DOMAIN SERVICE OPERATION PADA HOTEL XYZ SIDOARJO
ANALYSIS OF INFORMATION TECHNOLOGY SERVICES MANAGEMENT USING ITIL V3 DOMAIN SERVICE OPERATION AT XYZ H OTEL SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.33005/sibc.v15i2.20Keywords:
ITIL V3, Pelayanan, Sistem InformasiAbstract
Sistem Informasi merupakan salah satu perkembangan dari teknologi informasi yang paling pesat dalam perkembangannya. Sistem informasi ini sendiri bertujuan untuk membantu pekerjaan manusia agar lebih efisien dan efektif. Kualitas teknologi memiliki banyak aspek yang harus diukur untuk melakukan evaluasi agar terus dapat berkembang. Pelayanan merupakan aspek penting yang perlu ditingkatkan demi menunjang Teknologi Informasi yang diterapkan. ITIL sebagai framework yang berfokus dalam penilaian terhadap pelayanan teknologi informasi dipilih sebagai metode yang akan diterapkan dalam penelitian ini. Permasalahan yang sering terjadi dalam Hotel XYZ ini yaitu adanya kendala dalam data pelanggan dalam department Front Office. Data pelanggan sering tidak teriinput kedalam sistem sehingga pelanggan harus melakukan input data ulang dan hal
tersebut memakan waktu dan kurang efisien. Data yang masuk juga terkadang tidak sesuai dengan data diri pelanggan yang juga mengakibatkan pelanggan perlu menginput data ulang. Domain Service Operation dipilih untuk menilai sejauh mana proses Problem management dan incident management diterapkan dengan baik. Hasil penelitian ini akan menghasilkan rekomendasi guna menanggulangi masalah dan juga insiden yang sering terjadi guna meperlancar kegiatan operasional Hotel XYZ.