RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN WISATA KAB KEBUMEN MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE BERBASIS ANDROID
DESIGN AND BUILD TOURISM INTRODUCTION APPLICATION OF KEBUMEN REGENCY USING ANDROID-BASED PROTOTYPE METHOD
DOI:
https://doi.org/10.33005/sibc.v15i2.22Keywords:
Pariwisata, Wisata, Android, SmartphoneAbstract
Pariwisata merupakan salah satu sektor yang berpotensial untuk dikembangkan, karena pariwisata bisa menjadi sumber pendapatan daerah. Majunya industri Pariwisata dari suatu daerah sangat bergantung kepada jumlah wisatawan yang datang. Dari data Kementrian Pariwisata, per Januari 2019 terhitung 1.158.162 tamu mancanegara berkunjung ke Indonesia, dimana hal ini mengalami kenaikan sekitar 58 ribu lebih dibandingkan pada Januari 2018 yang tercatat 1.100.677 orang. Pada daerah Kabupaten Kebumen sendiri memiliki banyak wisata yang dibagi menjadi wisata yang dikelola pemerintah dan wisata yang dikelola swasta. Akan tetapi, banyaknya wisata tidak menjadi jaminan wisata tersebut memiliki pemerataan yang baik. Data yang diambil dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Kebumen memberikan data – data pengunjung wisata yang ada pada Kabupaten Kebumen baik itu dikelola pemerintah ataupun swasta dalam bentuk angka. Dalam data tersebut, dituliskan pada wisata yang dikelola oleh pemerintah Wisata Goa Jatijajar memiliki pengunjung tertinggi, sedangkan Pantai Logending memiliki pengunjung Terendah. Pada wisata yang dikelola oleh swasta, Pantai Menganti merupakan objek wisata yang sering dikunjungi. Oleh karena itu, dengan tidak meratanya jumlah pengunjung antara objek wisata maka perlu dibangun media informasi objek wisata tersebut berbasis Android. Android digunakan karena sangat memudahkan, apalagi saat ini banyak wisatawan menggunakan smartphone sebagai alat navigasinya. Penelitian ini berujuan untuk membuat sebuah aplikasi yang berfungsi untuk pengenalan wisata di daerah Kabupaten Kebumen. Hasil yang didapat dari penelitian ini berupa aplikasi yang bernama Wisata Kebumen.