Pengukuran Kepuasan Pengguna untuk Aplikasi SIBISA di TK ABA 1, Buduran, Sidoarjo dengan metode The EUCS

Measuring User Satisfaction for the SIBISA Application at TK ABA 1, Buduran, Sidoarjo using the EUCS method

Authors

  • Dwi Fatrianto Suyatno Universitas Negeri Surabaya
  • ArdhiniWarihUtami Universitas Negeri Surabaya
  • Rahadian Bisma Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Sistem Informasi Billing Siswa, SIBISA, EUCS, WhatsApp, End User Computing Satisfaction

Abstract

Aplikasi Sistem Informasi Billing Siswa (SIBISA) yang digunakan oleh orang tua di TK ABA1, Buduran. Aplikasi SIBISA dikembangkan oleh dosen-dosen jurusan Teknik Informatika pada tahun 2022. Aplikasi ini digunakan sekolah untuk mencatat catatan terkait keuangan sekolah, terutama terkait SPP atau keuangan insidental lainnya. 

Metode untuk mengukur kepuasan dari pengguna atau End User Computing Satisfaction (EUCS) merupakan satu danri sekian metode untuk mengukur kepuasan pengguna terhadap aplikasi/sistem informasi. Metode ini membantu mengukur kepuasan pengguna terhadap aplikasi yang digunakan. Metodologi EUCS mencakup beberapa faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna, seperti kinerja aplikasi, kemudahan penggunaan, keandalan, dll. 

Aplikasi ini sudah terhubung dengan WhatsApp, sehingga memudahkan interaksi antara orang tua dan pihak sekolah. Penggunaan aplikasi ini sudah berlangsung hampir 1 tahun, sehingga untuk melihat seberapa besar kepuasan pengguna aplikasi SIBISA, grup kami mengukur kepuasan pengguna dengan metode EUCS.

 Berdasarkan hasil pengujian, tingkat kepuasan pengguna menggunakan layanan aplikasi SIBISA secara keseluruhan berada pada tingkat Cukup PUAS, yang berarti pengguna cukup puas dalam menggunakan layanan Aplikasi SIBISA.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

Dwi Fatrianto Suyatno, ArdhiniWarihUtami, & Rahadian Bisma. (2024). Pengukuran Kepuasan Pengguna untuk Aplikasi SIBISA di TK ABA 1, Buduran, Sidoarjo dengan metode The EUCS: Measuring User Satisfaction for the SIBISA Application at TK ABA 1, Buduran, Sidoarjo using the EUCS method. Jurnal Sistem Informasi Dan Bisnis Cerdas, 17(1), 1–10. Retrieved from https://sibc.upnjatim.ac.id/index.php/sibc/article/view/233